Tuesday, April 6, 2010

5 Faktor Jepang Menjadi Negara Maju

Kita tahu Jepang menjadi salah negara sukses di Asia dan dunia. Ada beberapa faktor yang membuat Jepang menjadi Negara maju seperti sekarang ini :

1. Kerja Keras
Tentu ini motivasi yang patut kita contoh! Sama seperti kebanyakan orang-orang di Asia Timur. Mereka menjadi pekerja keras dalam hidupnya.

Kata mutiara motivasi : “Di dunia ini tidak ada yang namanya kegagalan, yang ada adalah kita kurang bekerja keras.”

2. Pantang Menyerah
Masyarakat jepang untuk ini benar-benar membuktikannya. Dulu mereka setelah porak-poranda akibat perang dunia II. Hanya membutuhkan waktu tidak lama untuk menjadi salah satu pusat ekonomi dunia.

Pesan Motivasi : “Menyerahlah jika peluang benar-benar sudah habis. Tapi selagi masih ada satu harapan, Raihlah dengan kerja keras dan anda pasti BISA! “

3. Menjaga Kehormatan
Jika sering melihat film atau mungkin mengikuti artikel berita di TV, sesekali pasti pernah mendengar istilah Harakiri yaitu bunuh diri dengan menusukkan pedang ke perut. Itu dilakukan oleh masyarakat disana karena mereka tahu malu.

Masih ingat Menteri Kesehatan Jepang yang mengundurkan diri karena melakukan kesalahan. Atau pejabat yang akhirnya bunuh diri karena telah melakukan korupsi. Atau pelajar yang bunuh diri karena nilainya jelek. Dan menjadikan orang jepang menjadi nomor satu dalam kasus bunuh diri.

Tapi INGAT BAIK-BAIK bukan berarti cerita di atas menganjurkan Anda untuk bunuh diri jika membuat orang lain susah. Pesan Motivasi yang bisa kita raih adalah “Tahu Malulah”, dan kemudian intropeksi diri berbuat lebih baik lagi.

4. Rajin Membaca
Membaca seperti menjadi sebuah budaya di Jepang. Bukanlah hal yang aneh melihat orang bejalan sambil membaca atau saat masuk ke kereta listrik, disana bisa dilihat banyak orang yang membaca.

Banyak-banyaklah membaca artikel, apalagi sekarang sudah zaman internet Anda bisa mendapatkan artikel tentang berbagai hal mulai dari komputer, motivasi, sejarah, ekonomi dsb. Karena dengan lebih banyak mengetahui informasi dibanding lawan, Anda sudah lebih dekat ke tujuan.

5. Menghargai Waktu
Orang Jepang sangat menghargai waktu. Mereka tidak ingin waktu yang dimilikinya terbuang percuma tanpa membuahkan hasil. Makanya mereka selalu dituntut untuk hidup yang produktif sehingga bisa menghasilkan banyak hal yang berguna.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment